5 “Virus” penyebab demam korea mengubah gaya hidup di indonesia


[UNIKNYA.COM]: Demam Korea atau juga tren dengan sebutan Korean Wave sedang melanda dunia saat ini, virusnya hampir menulari setiap wanita muda di dunia. Alih-alih menghindari virus, para wanita ini malah heboh menghampirinya. Apa sih yang membuat para wanita tergila-gila pada Korea? Sebegitu hebatkah Korea ini–yang dulu sebatas dijuluki negeri ginseng? Berikut uniknya.com sampaikan alasannya:

1. Serial Drama
Pada tahun 2001 “Virus Korea” mulai tersebar di dunia, lewat sebuah film komedi romantis My Sassy Girl yang diadaptasi dari sebuah novel karya Kim Ho-Sik. Setelah diangkat menjadi sebuah film, tanpa diduga film ini menjadi sangat populer bahkan beberapa negara membeli hak ciptanya. Termasuk AS, yang melalui Hollywood  membuat ulang film tersebut. Sejak saat itu dunia mulai melirik film-film karya Korea.







Kemudian menyusul serial drama mulai diputar di stasiun tv di Indonesia. Diantaranya yang populer Endless Love, Winter Sonata, Hotellier, My Sassy Girl, dan Jewel In The Palace. Uniknya, serial Korea ini selain menyajikan cerita yang menarik dan menampilkan para bintang yang menawan, juga menampilkan setting lokasi yang indah sebagai salah satu promosi wisata Korea.

2. Kuliner
Selain cerita romantis yang menarik dalam film dan serial Korea juga banyak menampilkan adegan makan. Dalam dialognya sering dikatakan beberapa makanan khas Korea. Seperti dalam serial Cruel Temptation sering disebutkan makanan Kimchi yang merupakan sayuran sawi putih atau lobak yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Selain itu makanan laut seperti sup gurita pedas juga populer di Korea. Adegan makan pada serial Korea ini banyak yang membuat air liur penonton terbit. Sehingga banyak orang penasaran untuk mencicipi kuliner Korea. Bahkan saat ini sudah banyak resto dan kafe yang menyajikan makanan Korea di Indonesia. Di beberapa supermarket ternama menyediakan bahan-bahan makanan dan bumbu masakan khas Korea.

Korea bukan hanya terkenal soal K-Pop, K-Drama, hingga merambah ke dunia Fashion, pariwisata tapi tidak boleh dilewatkan juga yakni soal makanannya. Sama dengan makanan-makanan lainnya, Korea juga memiliki jenis makanannya sendiri. Sebatas yang hanya kita tahu saja bahwa masakan Korea memiliki cita rasa, bumbu dan juga ada satu lagi sejarah dan keunikan makanan tersebut.
Lewat Event “ Pemilihan Touch Korea Tour Pengalaman Korea Tim” saya akan list ke-tiga makanan di bawah ini sebagai makanan yang “ wajib dicoba” di Korea, kenapa? Karena ketiga makanan ini membuat saya penasaran akan  history nya.
-Kimchi 6052b15275e549af80e4d9e235ef90d6_kimchi

Sudah coba makan Kimchi? Mungkin  makanan yang satu ini bukanlah menjadi makanan yang asing lagi ditelinga kita. Kimchi merupakan salah satu makanan yang disebut –sebut sebagai makanan sehat dunia. Membuat kimchi itu gampang-gampang susah, orang Korea membuat kimchi biasanya di sebuah wajan/ ember besar kemudian ditutup dan disimpan hingga awet berbulan-bulan. Pas musim dingin makanan ini biasa dimakan sedikit demi sedikit. 1c37269ff6b245449efcef04aa7a066e_kimchi-2
Menurut saya makanan yang satu ini cukup terbilang unik, karena tidak semua pandai membuat kimchi. Jika seseorang telah pandai memasak kimchi kabarnya dirinya pantas disebut sesorang yang jago masak. Bisa dikatakan membuat kimchi merupakan tolak ukur pandainya seseorang dalam memasak.
 -Patjuk / Bubur kacang merah
daa1150181d2a48f7edc6f8420a73a27_patjuk
 Patjuk, si bubur kacang merah yang manis
Terlihat makanan ini merupakan makanan simple yang dibuat orang Korea, tapi jangan salah dulu sebenarnya makanan ini memiliki makna tersendiri loh buat orang korea. Patjuk merupakan sejenis bubur kacang merah yang dimana selalu ada dihari besar seperti malam terpanjang atau yang sering kita dengar Dongji. Satu yang bikin saya pensaran ialah makanan ini memiliki kekuatan untuk mengusir roh jahat.
Roh jahat sangat benci dengan warna terang seperti merah, malam Dongji juga disebutkan bahwa roh jahat tengah aktif di malam tersebut. Itulah sebab mengapa jaman dulunya masyarakat korea sering menaburkan sup kacang merah di sekitar rumah dan pohon-pohon besar disekitarnya.
-Beondaeggi
92d5a7243b098588e7fe162c980e303e_beondaeggi
Ingin coba beondaeggi
Kalo yang satu ini mungkin agak ekstrim, tapi kayaknya bikin penasaran saya deh. Beondaeggi merupakan makanan Korea yang berasal dari ulat sutra. Ngak kebayang ya, kain sutra aja kan mahal apalagi ulatnya heheh…. But the way makanan ini konon katanya makanan populer di jalanan, makan beondaeggi paling pas dimakan sambil minum alkohol. Menurut berita yang pernah saya dengar makanan ini memiliki cita rasa lemak ulat yang berasa dilidah. Makanya, Beondaeggi membuat saya cukup penasaran. 
Ketiga makanan Korea ini akan saya coba jika saya ke Korea nanti bukan sekedar  makanan biasa pada umumnya, karena bagi saya ketiganya memiliki story tersendiri dengan keunikannya masing-masing. Semoga lewat event ini bisa mengantarkan saya ke Korea gratis bersama 2Pm dan Miss A sambil makan ketiga makanan diatas.

Lotteria, Jaringan Fast Food Korea Resmi Hadir di Indonesia

Lotteria, Jaringan Fast Food Korea Resmi Hadir di Indonesia
Foto: frontier
Jakarta - Jaringan restoran fast food Lotteria kini melebarkan sayap dengan membuka gerainya di Indonesia. Pada tanggal 29 Februari 2012, Lotteria co.Ltd Korea resmi mengumumkan penandatanganan kerja sama dengan PT Mondial Risjad Fastana.

Sebelumnya, telah dibuat kesepakatan dalam sebuah MOU di Lotteria co.Ltd, Seoul, Korea pada tanggal 2 Desember 2011. Kerja sama antara dua perusahaan antar negara ini melahirkan PT Lotteria Indonesia, yang akan menaungi bisnis restoran cepat saji Lotteria di Indonesia.

Pihak Lotteria Indonesia dengan mantap memulai bisnisnya, mengandalkan beberapa kelebihan. Lotteria menghadirkan beberapa menu khas seperti Korean Beef Bulgogi Burger dan juga Shrimp Burger. Berbagai menu di Lotteria menggunakan bahan segar berkualitas yang dipasok dari supplier terpercaya.

Menu-menu yang ditawarkan Lotteria menggunakan bahan organik serta bumbu rempah asal Indonesia. Dengan menu berbeda yang berkualitas, Lotteria diprediksi akan jadi restoran cepat saji unggulan di Indonesia.

Handi Irawan, selaku President Director PT Mondial Risjad Fastana mengaku optimis dengan lahirnya PT Lotteria Indonesia. “Kekuatan Lotteria terletak pada rasanya yang enak, diferensiasinya juga jelas. Pengalaman Lotteria sebagai pemimpin pasar di Korea, ditambah ekspansi dari Lotter Group, makin memperbesar harapan Lotteria untuk meraih sukses, sebab hal ini akan memudahkan pembentukan awareness. Tantangannya adalah menemukan lokasi yang baik dan menjaga kualitas layananan”, ujarnya saat ditemui detikfood usai acara penandatanganan perjanjian tersebut.

Di Korea, Lotteria dijuluki “The no.1 korean-brand fast Food Restaurant”. Tak berlebihan, karena di Korea, jumlah gerainya sendiri mencapai angka fantastis hingga 1000 gerai. Jumlah tersebut membuat restoran ini disebut sebagai top fast food franchise. Jumlah gerai dan angka penjualannya pun menyaingi dua brand fast food terkemuka lainnya.

Sudah pernah mencicipi menu Lotteria? Pengunjung Lotteria berkesempatan mendapat kartu membership dengan diskon 10% untuk setiap pembelian. Kartu ini bisa didapatkan gratis pada kasir Lotteria.

Saat ini, sudah dibuka tiga gerai Lotteria di Jakarta, yang berlokasi di Bintaro, Kelapa Gading dan Fatmawati. Di tahun 2012 ini, rencananya akan dibangun 15 gerai Lotteria lagi di Jakarta. Dalam 3 tahun ke depan, direncanakan akan ada 40 hingga 50 cabang lain yang tersebar di pulau Jawa.






3.  Fashion
Perkembangan industri fashion di Korea lebih maju dibanding dengan negara di Asia Timur lainnya seperti Jepang dan China. Jika diperhatikan gaya berpakaian wanita Korea dalam film-filmnya terlihat khas, sederhana, santun namun tetap modis. Gaya fashion Korea lebih bisa diterima wanita pada umumnya jika dibandingkan dengan gaya Harajuku dari Jepang yang telihat aneh dan berani.






Model mantel yang dikenakan para bintang film Korea terlihat modis dan banyak ditiru di Indonesia. Bahkan jika Anda berbelanja di beberapa mall  di Indonesia para penjaga toko begitu sering menawarkan “baju model Korea” karena begitu populernya fashion Korea.

4.  Boyband dan Girlband
Band-band ini menampilkan para pria dan gadis yang cute, modis dan performa yang maksimal. Beberapa grup band yang populer diantaranya, Super Junior, Shinee, CN Blue dan Wonder Girl yang hit dengan lagu Nobody.
Demam K-Pop Melanda Indonesia, Kini Bermunculan Boy & Girlband - K-Pop atau Korean Pop adalah jenis musik yang paling populer saat ini yang berasal dari Korea Selatan atau Negeri Ginseng. K-Pop bukan lagi hanya milik orang Korea saja, namun K-Pop kini sudah merambah ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia K-Pop mulai berkembang pesat menjelang akhir 2010. Kini musik K-Pop sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penggemar musik K-Pop di Indonesia.
Band-band ini menampilkan para pria dan gadis yang cute, modis dan performa yang maksimal. Beberapa grup band yang populer diantaranya, Super Junior, Shinee, CN Blue dan Wonder Girl yang hit dengan lagu Nobody.

Bahkan akibat demam musik K-Pop, kini muncul Boyband dan Girl Band yang menirukan gaya dan musik K-Pop. Beberapa Boyband yang sudah terkenal di Indonesia seperti Super Nine Boys, Smash, XO Nine, Max5 dll. Sementara untuk Girl Band ada Cherry Belle, 7 Icon, Kilau, 5 Bidadari, G String dan masih banyak lagi yang lain. Sebenarnya masih banyak lagi Boyband dan Girlband Indonesia yang muncul akibat pengaruh K-Pop.
http://www.youtube.com/watch?v=j7_lSP8Vc3o&feature=player_embedded
Bahkan banyak yang beranggapan bahwa Boyband dan Girlband Indonesia terlalu meniru gaya K-Pop! Apakah ini akibat dari begitu kuatnya pengaruh musik K-Pop atau bukan, namun sepintas memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan Ayu Ting Ting yang notabene adalah seorang penyanyi dangdut kini tiba-tiba menyisipkan gaya-gaya Korean Pop pada musiknya.
http://www.youtube.com/watch?v=zfk-btm4LCE&feature=player_embedded

Kalau melihat pengaruh musik Korea yang begitu pesat, saya jadi bertanya dalam hati, apakah orang Indonesia hanya bisa meniru gaya orang lain? Kenapa anak muda Indonesia tidak bisa membuat musik yang bisa membius orang lain, sepeti Korean Pop! Padahal kalau dilihat dari talenta, Indonesia juga tidak kalah bagusnya di bandingkan dengan musik Korea asli. Saya berharapnya, bahwa suatu saat nanti musik Indonesia bisa melebihi kepopuleran musik korea.

K-POP VS I-POP


KALANGAN PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA

Yang menjadi kalangan K-POP di INDONESIA adalah rata-rata para remaja yang terlalu fanatik terhadap artis-artis korea, karna mereka terlalu mudah menerima budaya asing yang masuk ke Indonesia.
Dan Indonesia adalah salah satu peminat untuk menonton konser grup band Korea hingga munculnya boyband dan girlband yang ke-korea-koreaan atau bahkan ada yang beranggotakan orang Korea asli. Beberapa diantara mereka menolak mengatakan bahwa mereka memang mengikuti style dari artis Korea, baik dari segi pakaian, make-up, musik dan gaya dari video klip yang sengaja dibuat dengan adanya dance-dance.

KEPOPULERAN K-POP DI KALANGAN RAKYAT INDONESIA

Kepopuleran lagu lagu korea atau sering disebut dengan K-pop, dimulai dari bakat potensi korea yang memunculkan berbagai macam laga drama korea yang sangat menjanjikan...
film drama tersebut diterima positif oleh kalangan masyarakat, terutama para kalangan remaja yang memang senang dengan hal yang berbau korea  tersebut.kalangan remaja juga selalu membangga banggakan musik k-pop , rela sekolah tentang korea dan selalu meng elu-elukan korea. mereka beranggapan korealah yang paling COOL dimata mereka. apalagi dengan sentuhan tampilan mereka NGEHITS DAN TIDAK MEMBOSANKAN.
misalnya drama korea yang populer pada masanya dan mengharumkan industri perfilman SERTA MUSIK korea adalah endless love,full house, dan boys before flower.

disitulah awal karir boyband dan girlband, memuncak DAN MAMPU MENYAINGI INDUSTRI MUSIK YANG SEBELUMNYA. YANG TERPOPULER YAKNI SUPER JUNIOR, SNSD, dan disusul oleh beberapa yang juga tak kalah sukses yaitu 2ne1, 2pm, 2am, shinee, miss A, t-ara, sistar, . itulah awal kepopuleran k-pop dirana musik indonesia yang cukup menggemparkan dunia juga yang tak hanya di indonesia

LAGU TERBARU K-POP

- SNSD ===>> THE BOYS 
- SUPER JUNIOR ===>> A-CHA
- 2PM ===>> HANDS UP
- 2NE1 ===>> UGLY
- MISS A ===>> GOODBYE BABY
- T-ARA ===>> ROLY POLY
- BOYFRIEND ===>> BOYFRIEND

K-POP YG PALING DI GEMARI

- LAGU KOREA POP YANG LEBIH DIKENAL DENGAN K-POP,SEAKAN MENJADI VIRUS. DI MULAI DARI PEMBICARAAN DI MEDIA SOSIAL DAN FORUM ONLINE, HINGGA STASIUN TV TAK MAU KALAH IKUT MENAYANGKAN K-POP. TIDAK BERHENTI SAMPAI DI SITU, BANYAK TOKO BAJU MENJUAL SEGALA MACAM PERNAK PERNIK YANG DI PAKAI SANG ARTIS K-POP.

- DARI PILIHAN A, YAITU SUPER JUNIOR,2PM,GIRLS GENERATION, DAN WONDER GIRLS....

- YANG MENDUDUKI PERINGKAT PERTAMA IALAH SUPER JUNIOR, KEDUA GIRLS GENERATION, YANG KETIGA DAN KEEMPAT IALAH 2PM DAN WONDER GIRLS....


FOTO :::



    

 







5. Kebijakan Pemerintah Korea
Pada tahun 1999 popularitas budaya Korea meningkat pesat. Bahkan, wabah Korea menyumbang pemasukan lebih dari US$1 miliar setiap tahunnya bagi Korea Selatan melalui ekspor produk budayanya.







Tentu hal ini tidak terjadi dengan sendirinya, semua merupakan kebijakan Pemerintah Korea. Pada tahun 2000 Kementerian Budaya Korea Selatan mengeluarkan Cultural Policy yang mendukung industri kreatif negara mereka, termasuk bagaimana industri film dikelola dan dibuat untuk memperkenalkan budana Korea ke dunia luar. Kebijakan pemerintah lainnya yaitu, memberlakukan pajak yang rendah bagi film lokal dan memberikan bantuan dana untuk produksi film yang mengusung budaya Korea

Oleh: Mia Abdurahman

Comments

Popular posts from this blog

Tonight with lee seung gi in indonesia

Trend Serba Rainbow, dari Lidah Kucing Sampai Lapis Legit